Harapanku Untuk Ibu Kota Baru - BEAUTYNIAN

Latest

Beautynian.com adalah blog kecantikan, yang membahas seputar kecantikan, mulai dari produk kecantikan seperti skincare, lipstik, makeup, bedak,eyeshadow, blush-on, Foundation. Perawatan kecantikan. Tips dan trik kecantikan baik make-up juga skincare. Kesehatan. gaya hidup, tren fashion terkini agar wanita dapat berpenampilan menarik. Seperti jilbab instan untuk pipi tembem, hijab instan moderen, gamis syari, hijab syari, trevel, jurnalis berisikan aktivitas penulis.

Rabu, 24 Juli 2019

Harapanku Untuk Ibu Kota Baru

indonesia
Indonesia negeri tercinta, tempat kelahiranku dan tumpah darahku
seumber: pinterest


Kabar pemindahan Ibu Kota baru Indonesia menjadi harapan banyak masyarakat. Sebuah keputusan yang sudah sejak lama menjadi rencana pemerintahan oleh Presiden. Kini pada masa pemerintahan Presiden Jokowi pemindahan Ibu Kota baru akan diwujudkan untuk mencapai kesuksesan visi Indonesia tahun 2045. Bagiku pindahnya Ibu Kota melahirkan beberapa harapanku untuk Ibu Kota baru, meskipun aku bukan warga negara yang tinggal di Kota Jakarta dan tidak tinggal di derah yang ditetapkan akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia.

Tentu aku tidak merasakan secara langsung dinamika tinggal di Ibu Kota Jakarta, juga tidak merasakan tinggal di derah yang akan menjadi Ibu Kota Baru tersebut. Hal ini penting sebab, meskipun Ibu Kota pindah tidak memberi dampak signifikan pada kehidupanku yang tinggal di Provinsi Kalimantan Barat. Namun banyak hal yang sudah menjadi rahasia umum jika sentralisasi pada pulau Jawa, khususnya Jakarta membuat Indonesia berkesan menjadi negara dengan masalah yang sangat komplek. Kemacetan, banjir, padat penduduk, penurunan tanah terhadap air laut, lingkungan hidup dan masih banyak lainnya. 

Itu sebabnya sebagai warga negara Indonesia aku memiliki beberapa harapan untuk Ibu Kota yang baru, meskipun itu hanya sekian persen dari kemungkinan dampak yang akan aku rasakan secara langsung. Namun aku ingin Indonesia tumbuh menjadi negara yang sejahtera secara merata dan dapat dirasakan oleh seluruh penduduk Indonesia dari Sabang samapai Marauke. Memiliki citra negara yang maju, dan kuat.

3 Harapan untuk Ibu Kota Baru

Indonesia Sentris sebuah kata yang diinginkan oleh penduduk Indonesia di luar pulau Jawa, yang kemudian menjadi hal yang akan diwujudkan oleh Bapak Jokowi sebagai presiden. Indonesia Sentris juga menjadi impian seluruh anak bangsa Indonesia bagian Timur, yang kita tahu Indonesia Timur wilayah kaya akan sumber daya alam namun penduduknya tidak sejahtera. Indonesia Sentris menjadi harapan dari lahirnya Indonesia menjadi lima negara ekonomi terkuat di Dunia. 

Indonesia Sentris pula menjadi titik terang sekaligus bukti runtuhnya Jawa-Sentris yang justru menjadi beban berat bagi kesehatan fisik Pulau Jawa. Titik terang solusi bahwa Indonesia perlu Indonesia Sentris. Berikut adalah tiga harapanku untuk Ibu Kota Baru.

1. Kota dengan Perancangan Tata Kota yang Matang dan Artistik

Tata letak kota, penempatan gedung, hutan kota, dan lahan lainnya menjadi hal yang harus diperhitungkan dengan cermat. Agar Ibu Kota baru ini nantinya bisa tangguh dari persoalan macet, banjir dan persoalan lingkungan dan sosial lainnya. Ia akan menjadi seperti kota-kota besar yang ada di dunia. Artisktik menjadi ciri khas yang nantinya akan membawa nilai lebih citra Indonesia di hadapan dunia. Bangunan tertata rapih, bersih, dan aman.

2. Mampu Menumbuhkan Pemerataan Kesejahteraan Ekonomi 

Kesejahteraan ekonomi, bukan hanya pada tingkat pendapatan masyarakat. Namun pada persoalan harga yang selama ini di Indonesia bagian Timur dan daerah luar Jawa lainnya sangat jomplang dengan yang di pulau Jawa. Pemerataan fasilitas infrastruktur yang harapannya nanti menjadi penghubung pemeratan kesejahteraan Indonesia Timur, Barat dan pedalam luar Jawa lainnya. Infrastruktur darat, laut/air dan udara. Tidak lupa pemerataan kesejahteraan ini pula mengenai fasilitas telekomunikasi, menjelang era industri 5.0 pemerataan jaringan internet menjadi hak asasi seluruh rakyat Indonesia. Hal lain adalah kesejahteraan energi listrik yang harus dimiliki negara ini, demi tercapainnya kesejahteraan dan kekuatan negara. 

3. Selektif terhadap Urbanisasi

Hal ini harapannya mencegah urbanisasi pada Ibu Kota baru yang kedepannya akan tumbuh berkembang seperti Jakarta. Agar lebih tertib, kedepannya nanti tidak ada area kumuh di pinggiran kota. Tidak ada yang bisa bayangkan bagaimana laju berkembang kota baru ini, namun kita perlu belajar dari kota Jakarta tercinta dalam persoalan urbanisasi. 

Sekiranya itulah tiga harapanku untuk Ibu Kota baru Indonesia yang terngiang sejak mendengar kabar perencanaan pemindahan Ibu Kota. Akan bahagia memiliki Kota yang aman, bersih dan tertib, seperti kota-kota besar di luar negeri. Nah kalau kamu, apa harapanmu untuk Ibu Kota Baru negara kita ini? Kasih tahu dikolom komentar yuk. Barangkali dapat menyempurnakan harapan kecilku diatas. 

Jangan lupa jadilah warga negara yang berkontribusi baik, dan yang tidak lupa mendoakan kesejahteraan. keamanan, dan keutuhan NKRI. :) 

4 komentar:

  1. Semoga harapannya tercapai ya Kak. Aku setuju banget soal pemerataan ekonomi agar masyarakat lebih sejahtera

    BalasHapus
  2. Bagus nih dengan konsep indosentris nggak melulu beban itu menghantui pulau jawa, Suka konsepnya

    BalasHapus
  3. Tata kota emang penting banget sih. Menurutku Jakarta itu amburadul karena tata kotanya kurang. Ibukota baru mesti bener-bener digodok sih soal ini biar ke depannya bisa lebih enak gitu dan kejadian seperti Jakarta gak terulang lagi

    BalasHapus
  4. Semoga dengan pindahnya ibukota dapat meningkatkan ekonomi Indonesia ya kak.

    BalasHapus