Mengenal Lebih Dalam Flek Hitam di Wajah

 

Coba perhatikan wajahmu, apakah di sana terlihat bintik-bintik hitam?

Coba perhatikan wajahmu, apakah di sana terlihat bintik-bintik hitam? Jika iya, mungkin itu adalah flek hitam. Flek hitam di wajah atau ephelis merupakan pigmen alami berukuran kecil-kecil pada manusia yang berwarna hitam atau lebih gelap dari warna kulit di area sekitar nya. Memang kondisi ini sangat normal terjadi dan tidak membahayakan. Namun keberadaan flek hitam dapat merusak penampilan. 

Wajah yang bersih tapa flek hitam adalah idaman banyak wanita. Flek hitam dapat dialami oleh semua orang dengan segala usia termasuk remaja. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia 35 keatas, selain itu cenderung mudah muncul dan dilihat pada orang dengan warna kulit cerah.


Penyebab Flek Hitam di Wajah

Bintik-bintik gelap yang timbul di wajah disebut juga dengan hiperpegmentasi. Terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan banyak melanin dibandingkan biasanya. Faktanya penyebab flek hitam disebabkan banyak faktor.

Bintik-bintik gelap itu flek hitam di wajah


1. Paparan Sinar UV Berlebih

Penyebab flek hitam yang paling terkenal adalah paparan sinar matahari yang berlebih. Itu karena sinar matahari memancarkan radiasi UVA dan UVB yang dapat memberikan dampak buruk untuk kulit. Radiasi UVA dan UVB merangsang produksi melanin pigmen pemberi warna kulit secara berlebihan. Akibatnya kulit mengalami penumpukan melanin atau yang dikenal dengan hiperpegmentasi.

Ternyata sinar matahari memiliki resiko tinggi terhadap kulit wajah kita. Karena sinar matahari memberikan paparan UVA dan UVB yang dapat menyebabkan flek hitam.


2. Faktor Genetik 

Selain paparan sinar UV matahari yang berlebih factor utama penyebab flek hitam adalah genetik atau keturunan. Pada munculnya flek hitam di wajah factor genetik berperan sekitar 20-70%, itu mengapa ada orang yang lebih rentan dan mudah muncul flek hitam dan ada yang tidak. 


3. Faktor Usia

Bukan sebuah rahasia lagi jika penambahan usia mengakibatkan kulit jadi lebih mudah muncul flek hitam ketika terpapar banyak sinar matahari, dibandingkan usia remaja. Hal ini karena seiring bertambahnya kulit kehilangan elasitasnya akibat berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Hilangnya elasitas kulit menjadikan kulit rentan terhadap flek hitam.


4. Perubahan Hormon 

Tubuh manusia memiliki senyawa yang disebut hormon. Pada kondisi tertentu tubuh bisa saja mengalami perubahan hormon, khususnya pada perempuan. Perubahan hormon ini dapat mempengaruhi munculnya flek hitam. Ini jugalah penjelasan dari efek samping flek hitam dari konsumsi pil KB oleh para istri.


Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Wajah dengan flek hitam mengganggu penampilan dan keindahan wajah dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Selain itu menjadi indikasi wajah yang tidak sehat dan tidak terawat. Tentunya kita ingin cantik tanpa flek hitam. Ada beberapa cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah.


1. Rutin Menggunakan Sunscreen.

Paparan sinar matahari yang berlebih menjadi sumbangsih paling utama terhadap kemunculan flek hitam di wajah, maka sudah semestinya kita rutin menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit kita yang berharga dari paparan UVA dan UVB. Terlebih untuk orang yang memiliki banyak aktifitas diluar ruangan. Kecuali bayi dan balita, semua wajib menggunakan sunscreen.


2. Gunakan Skincare untuk mencerahkan wajah

Flek hitam yang sudah ada, dapat dihilangkan dengan menggunakan skincare untuk mencerahkan wajah.  Seperti cream penghilang flek hitam, yang diformulasikan khusus untuk membantu menghilangkan flek hitam. Selain itu menggunakan cream penghilang flek hitam dapat melembabkan dan menjaga ke elasitasan kulit wajah.


3. Konsumsi Kolagen dan Makan Makanan Bergizi

Salah satu yang mempengaruhi kesehatan hormon dan kolagen dalam tubuh adalah dengan makan makanan bergizi. Namun, mengonsumsi suplemen kolagen dapat menjaga jumlah kolagen dalam tubuh tetap cukup. Kolagen yang cukup berpengaruh pada elasitas kulit, ke elasitasan kulit dapat mempengaruhi kemunculan flek hitam pada wajah.


Penutup

Bagaimana setelah mengenal lebih dalam flek hitam di wajah? Ternyata flek hitam bisa dicegah dan diatasi. Rajin menggunakan sunscreen untuk mencegah munculnya flek hitam, dan rajin gunakan cream penghilang flek hitam untuk flek hitam yang sudah terlanjur muncul. Serta konsumsi makanan bergizi dan kolagen untuk menjaga ke elasitasan kulit. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Flek Hitam di Wajah"

Back To Top