7 Tips Jitu Turun Berat Badan Saat Puasa - BEAUTYNIAN

Latest

Beautynian.com adalah blog kecantikan, yang membahas seputar kecantikan, mulai dari produk kecantikan seperti skincare, lipstik, makeup, bedak,eyeshadow, blush-on, Foundation. Perawatan kecantikan. Tips dan trik kecantikan baik make-up juga skincare. Kesehatan. gaya hidup, tren fashion terkini agar wanita dapat berpenampilan menarik. Seperti jilbab instan untuk pipi tembem, hijab instan moderen, gamis syari, hijab syari, trevel, jurnalis berisikan aktivitas penulis.

Minggu, 28 April 2019

7 Tips Jitu Turun Berat Badan Saat Puasa

7 Tips Jitu Turun Berat Badan Saat Puasa - Bulan Ramadhan adalah bulan bagi umat muslim untuk berpuasa selama tiga puluh hari penuh. Berpuasa menahan lapar dan tidak makan minum sejak sebelum fajar (subuh)  sampai matahari terbenam (magrib). Puasa juga menjadi ibadah wajib bagi umat muslim, yang termuat dalam rukun islam ke tiga. Memang ada banyak jenis puasa dalam agama islam, diantaranya puasa sunah. Namun yang kita maksudkan di sini adalah puasa di bulan ramadan. Ada banyak sekali manfaat puasa. Secara umum terbagi menjadi dua, yaitu manfaat secara spiritual atau pisikis dan manfaat secara medis/fisik. Manfaat secara spiritual atau keimanan bagi kejiwaan kita diantaranya mendekatkan gubungan seorang hamba dengan Tuhannya, jadi merasa lebih tenang, lebih mudah melakukan ketaatan dan ibadah, memberikan semangat energi untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang biasanya susah untuk dilakukan diluar bulan ramdhan. 




Manfaat secara medis membersihkan racun (detoksifikasi), mengistirahatkan sistem pencernaan, mengatasi peradangan, dan masih banyak lainnya. Namun kalian pernah gak sih melihat justru puasa menyebabkan banyak orang kegemukan dan sakit radang tenggorokan? Bukan malah kurus karena tidak makan dalam waktu berjam-jam. Kenapa bisa seperti itu?

Bulan ramdhan atau bulan puasa adalah waktu yang paling tepat atau momentum tepat untuk menurunkan berat badan. Karena saat itu kita dibantu pembatasan jam makan. Di artikel ini aku mau bagi 7 Tips Jitu Turun Berat Badan Saat Puasa agar program penurunan berat badan kamu berhasil selama bulan ramdhan ini. Bahkan dengan tips ini kamu bisa turun 10 kg dalam waktu satu bulan. Jadi saat lebaran teman-teman dan keluarga bisa kaget melihat perubahan bentuk badan kamu. Jika kalian mengikuti tujuh tips berikut tanpa salah ataupun gagal.

      1. Jangan Jadikan Buka Puasa Ajang Balas Dendam

Salah satu penyebab kenapa banyak orang justru semakin gemuk saat bulan puasa adalah karena tidak mampu mengendalikan rasa rakusnya saat buka puasa. Hal yang harus kalian tanam dalam ingatan ialah buka puasa bukan balas dendam. Meskipun belasan jam tidak makan dan lapar membahan kalian  harus mampu mengendalikan pikiran kalian untuk memahami bahwa buka puasa bukan ajang balas dendan. harus digaris bawahi. 


     2. Makan Berat Setelah Solat Magrib
Trik ini membantu kalian untuk mengontrol diri ketika buka puasa agar tidak rakus. Caranya pada saat buka puasa cukup minum air putih hangat atau biasa, dan beberapa butir kurma., dua atau tiga. Setelah itu fokuskan untuk beribadah solat magrib. Baru setelah itu makan berat. 

Hal yang perlu diperhatikan untuk makanan berat adalah kecukupan gizi, karbohidrat, protein, dan sayur. Penting banget memperhatikan nutrisi dari makanan berat ini, kelengakapan gizi dan nutrisi dalam makanan memberikan energi yang cukup selama berpuasa.  Bagusnya mengurangi rasa lapar, kenapa? karena pada saat kita memilih makanan yang nutrisi dan gizinya kurang. Seperti rendang, makanan instan, junk food, gak ada syurannya atau proteinnya otak kita merespon kekurangan nutrisi tersebut sebagai rasa lapar. Makanya kita pingin makan lagi dan lagi. Padahal sesungguhnya itu tanda bahwa makanan yang kita makan kelengkapan nutrisinya kurang.

      3. Jangan Makan dan Minum yang Manis-Manis

Aku mau bilang bahwa tidak ada hadist yang mengatakan berbukalah dengan yang manis-manis. Dalam kitab fikih apa pun tidak ada hadist yang mengatakan seperti itu. Awal mulanya begini, dari Anas bin Malik ia berkata, "Rasulullah berbuka dengan rutab sebelum shalat, jika tidak terdapat rutab, maka beliau berbuka dengan tamr, jika tidak ada beliau meneguk air. (HR. Ahmad dan Abu Dawud) 

Istilah ruthab (رطب) sebenarnya bermakna kurma juga, namun berbeda dengan kurma yang sering kita lihat. Ruthab adalah kurma yang masih muda, segar, berair, dan tentu saja menyehatkan. Sedangkan istilah tamr (تمر), itulah kurma yang sering kita temukan. 

Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barakah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu mensucikan. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizy).

Jadi memang tidak ada hadits yang menyebutkan agar kita berbuka puasa dengan yang manis, memang tidak ada. Apalagi berbuka dengan manisan semacam kolak pisang, biji salah, es buah, dan seterusnya. Walaupun secara hukum tentu tidak dilarang dan tidak jadi haram juga.

 Ada satu dua ulama di masa lalu yang menafsirkan bahwa perintah berbuka dengan ruthab atau kurma karena agar bisa memulihkan penglihatan yang menurun akibat puasa. Kalau tidak ada keduanya, bisa dengan manis-manisan, kurang begitu fatwanya. Tapi perlu diingat jika tidak ada kurma, nah masalahnya di zaman sekarang kurma mudah ditemui saat bulan puasa. Maka tidak ada alasan dalih "Dianjurkan berbuka dengan yang manis-manis semacam kolak, cendol, sirop, aneka kue manis, dan lainnya", melainkan manis dari makanan real food, yaitu makan yang tidak melalui proses pengolahan. Artinya buah.

Tapi kan buah mahal, gimana dong? Cukup nyetok buah kurma, makan dua sampai tiga biji tiap kali berbuka. Jika kurma dengan harga 18.000 berisi sekitar 20 biji maka bisa sampai enam hari. Satu bulan uang untuk alokasi makan buah, kurang dari 100.000. Hemat kan?

Perbanyak minum air putih, sebab minuman manis seperti teh-teh atau sirup-sirup dan sejenisnya berkalori tinggi. Dari pada kalori yang tinggi itu dari minuman, lebih bijaksana jika kalori itu dialokasikan pada makanan yang bernutri dan bergizi. Sehingga badan kita sehat dan langsing. 

     4. Hindari Makan Gorengan

Tubuh kita butuh lemak, tapi lemak baik. Kita sudah hafal banget kalau gorengan salah satu penyumbang lemak jahat terbanyak. Selain itu berkalori tinggi. Lemak baik yang tubuh kita butuhkan pun tidak lebih banyak dari protein dan karbo. Maka makan gorengan saat berbuka dan sahur, dilarang keras! Kebiasaan berbuka puasa dengan gorengan dan air es dapat menyebabkan sakit radang tenggorokan. Nah malah bikin gak sehat selama puasa kan? 

     5. Makan Makanan Tinggi Protein


Kita orang Indonesia itu memahaminya jika yang membuat kenyang dan sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat kan, yaitu nasi. Ternyata secara medis yang tubuh kita lebih butuhkan adalah protein, karena protein berperan dalam pembentukan sel-sel baru dan memelihara sel serta jaringan di dalam tubuh. Selain itu, protein juga sangat penting dalam memengaruhi kerja enzim, hormon, kekebalan tubuh, hingga keseimbangan cairan dalam organ tubuh. Setelah air, protein juga merupakan bagian terbesar di dalam tubuh. Oleh karena itu, peran protein tidak bisa digantikan dengan zat gizi lainnya.

Maka perbanyak konsumsi protein saat sahur ya. Membuat kita tidak mudah lapar juga. Menguntungkan ya makan protein. 

    6. Tetap Olahraga

Saat puasa tetap kudu olahraga. Caranya satu jam sebelum buka puasa, waktunya cukup dua puluh sampai tiga puluh menit. Keuntungan olahraga dibulan puasa adalah waktu yang tepat untuk membakar lemak. Sebab saat kita puasa metabolesmi kita sedang tinggi, sehingga ketika olahraga yang dibakar bukan lagi gula tetapi lemak. 

     7. Jalan Kaki Saat Teraweh

Kalau jarak rumah ke masjid 3 km masih bisa jalan ya readers. Latihan hidup sehat, latihan untuk lebih aktif. Lumayan bakar kalori. Hihihi. 

Demikianlah tips turun berat badan selama bulan puasa. Aku yakin banget jika kita melakukan itu dengan taat, tanpa secara sengaja dan sukarela gagal. Pasti tips itu berhasil. Aku tahu ini gak mudah, menghilangkan kebiasan yang sudah mendarah daging, hanya saja coba kamu pikir. Kamu sudah makan makanan yang tubuh kamu butuhkan atau yang nafsu kamu butuhkan? Jika jawabannya yang nafsu kamu butuhkan, sudah saatnya kamu tegas melaksanakan 7 Tips Jitu Turun Berat Badan Saat Puasa demi kebaikan dan kesehatan tubuh kamu. :) 

3 komentar:

  1. Makasih tipsnya mba, semangat terus bikin artikelnya,.
    kunjungi juga http://bit.ly/2YDQi9n

    BalasHapus
  2. Aku suka banget makanan yang manis-manis. Apalagi untuk berbuka puasa. Trus juga kebiasaan langsung makan berat..ditambah gorengan juga.. apntesan setiap selesai bulan puasa naik drastis ya mbak..

    BalasHapus